Selasa, 14 Agustus 2012

“ARAK-ARAK” rute lintas alam yang melegenda

seperti yang sudah saya katakan di awal dahulu, bahwa bondowoso adalah kota yang berada di tengah tengah apitan gunung gunung alam yang hijau. Tentu dalam ilmu alam yang sudah diajarkan di sekolah sekolah bahwa jalan mendaki akan mudah dilewati apabila rute yang dibuat adalah berkelok kelok. Di gunung manapun pasti akan anda temukan jalan yang seperti itu bila kalian hendak menuju atau mendaki gunung itu, menuju suatu tempat yang berada tepat di puncaknya.

Di bondowoso jalan seperti ini sangatlah terkenal dengan nama “arak arak”. Jalan berkelok yang cukup panjang yang harus dilalui semua kendaraan yang hendak menuju kabupaten bondowoso.
Sejarah nama “arak arak” sendiri saya kurang tahu lengkapnya, tapi yang jelas nama itu memiliki sejarahnya sendiri untuk menggambarkan dan mengkabarkan akan jalan berkelok tersebut. Meskipun kita sendiri, khususnya saya tidak tahu sejarah pasti akan munculnya nama tersebut, tetap saja kita sebagai generasi muda harus memahami dan mentafsirkan sebutan itu dengan hal hal yang positif. Mengapa saya katakan demikian?, Karena memang sering saya dengar akan sejarah “arak arak” yang berorientasi pada hal yang negatif, yang bahkan sampai sekarang diyakini kebenarannya. Dan pada kesempatan kali ini tak akan secuilpun saya ceritakan kisah kisah negatif tentang “arak arak” yang melegenda ini.

Rute ini merupakan jalan tembus memotong gunung untuk sampai ke kabupaten bondowoso dengan waktu yang relatif lebih cepat, meskipun untuk sampai ke kabupaten ini tidak harus melewati jalur ini. anda bisa melewati kota jember atau kota situbondo untuk sampai ke kota bondowoso. Tapi, untuk anda yang datang dari arah surabaya, pasuruan serta probolinggo dan ingin menuju ke pusat kota bondowoso, “arak arak” adalah pilihan tepat untuk meringkas waktu dan jarak. Akan tetapi, bila yang dituju adalah bagian kota yang berbatasan dengan situbondo seperti prajekan dll, jalur timur melewati situbondo bisa dipilih agar tidak terlalu memutar serta terlalu membuang banyak waktu dan bahan bakar. Itu tentang letak dan fungsi “arak arak”.

Berikutnya akan coba saya deskripsikan tentang ekspektasi, suasana dan pengalaman rohani yang akan anda rasakan dan dapatkan kala melewati rite alam yang begitu fenomenal ini. “arak arak” adalah rute yang benar benar asli jalur lintas alam. Jalan menanjak berkelok kelok memberikan semacam pacuan adrenalin tersendiri bagi mereka yang berkendara melalui jalur ini. Kanan kiri jalan dihiasi oleh tebing tebing yang tinggi dan jurang jurang yang curam, jadi jarang atau bahkan tidak akan ditemui disini pengendara yang mengendarai kendaraannya di atas kecepatan 60 km/jam. Tikungan tajam hingga 90 derajat akan sering anda temui dan lewati. Bagi yang memiliki lambung rawan dan tidak terbiasa dengan jalan berkelok yang luar biasa lama, panjang dan tajam, saya sarankan untuk menyiapkan sekantong kresek atau plastik, persiapan jika tiba tiba anda ingin mengeluarkan semua isi perut anda karena mual dan pusing hebat. Atau bisa juga dengan melakukan persiapan sebelum melewati jalur ini, seperti mengosongkan perut terlebih dahulu atau minum obat anti mabuk. Semua penderitaan itu tidak akan anda dapatkan dengan tanpa imbalan yang setimpal, sepanjang perjalanan melalui jalur ini anda akan disuguhi berbagai pemandangan yang luar biasa indahnya. Pohon pohon hijau, rindang nan besar menghiasi sepanjang jalan jalur “arak arak”, angin sepoi suasana pegunungan akan meraba halus kulit kuduk anda, hembusan angin segar akan menggantikan oksigen yang anda keluarkan waktu tersiksa karena pusing dan mual, bahkan kalau anda beruntung anda akan menjumpai monyet monyet gunung liar yang mencari makan hingga ke pinggir pinggir jalan rute ini. Anda pun bisa memanjakan mata dengan menyaksikan betapa luar biasanya ciptaan tuhan lewat jurang jurang yang mengarah pada bagian gunung di bawahnya. Terhampar sawah sawah luas terbentang, hutan hutan tropis yang begitu hijau, lebat dan sangat mengagumkan.

Suasana seperti itu akan terus anda nikmati hingga anda sampai di pintu gerbang gapura kota bondowoso. Kurang lebih selama 1 jam anda akan disuguhkan semacam wisata alam pegunungan yang menakjubkan.
Begitulah keadaan yang dapat saya deskripsikan tentang jalur alam “arak arak” yang melegenda ini.

BONDOWOSO 22062012



2 komentar: